Penelitian

Kegiatan penelitian di Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah (UII Dalwa) dilaksanakan secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan untuk mendukung pemajuan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan praktik profesional. Penelitian menjadi salah satu pilar utama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diarahkan untuk mendukung visi UII Dalwa, yaitu “menjadi universitas Islam yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan peradaban Islam yang rahmatan lil ‘alamin”.

Perencanaan Strategis dan Kebijakan Penelitian

Seluruh kegiatan penelitian di Program Studi Ekonomi Syariah berlandaskan pada berbagai dokumen formal kebijakan yang menjadi payung hukum dan arah strategis pelaksanaan riset, antara lain:

  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 55 Tahun 2014 tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan;
  • Keputusan Dirjen Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis Program Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Panduan 2020–2022);
  • Rencana Induk Pengembangan (RIP) UII Dalwa Nomor SK/A.3/320/4.057/SK/IX/2018;
  • Rencana Strategis (Renstra) UII Dalwa Nomor SK/A.3/321/4.057/SK/IX/2018;
  • RIP LPPM UII Dalwa Nomor A.3/015/4.057/II/2020;
  • Dokumen SPMI UII Dalwa;
  • Roadmap Penelitian Universitas Nomor SK/A.3/117/4.057/SK/IX/2020,
  • Roadmap Penelitian Fakultas Syariah Nomor XXXXXXX, dan
  • Roadmap Penelitian Prodi Ekonomi Syariah Nomor SK/A.3/125/4.057/SK/IX/2020.

Dokumen-dokumen tersebut menjadi dasar bagi perumusan arah penelitian di tingkat universitas, fakultas, dan program studi yang selaras dengan visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS) lembaga. Roadmap penelitian prodi dirancang dengan mempertimbangkan isu-isu ekonomi dan bisnis Islam yang berkembang di tingkat lokal, nasional, dan global, serta difokuskan pada bidang keilmuan dan kepakaran dosen tetap (DTPS).

Implementasi Roadmap Penelitian dan Penguatan Budaya Riset

Pelaksanaan kegiatan penelitian di Prodi Ekonomi Syariah mengikuti Roadmap Penelitian Fakultas Syariah dan Prodi yang dibagi ke dalam tiga periode strategis:

  • Periode 2024–2026 difokuskan pada peningkatan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah, baik di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional. Upaya penguatan dilakukan melalui peningkatan pendanaan, pengembangan kapasitas penelitian, serta perluasan jejaring kolaborasi riset.
  • Periode 2027–2028 ditandai dengan pembentukan klaster riset tematik untuk memperkuat knowledge sharing, kolaborasi antar dosen, dan pengembangan jejaring penelitian nasional dan internasional.
  • Periode 2025–2029 menargetkan terbangunnya research culture yang kuat dan kompetensi riset yang merata di antara dosen, serta lahirnya peneliti-peneliti unggul yang mampu berkontribusi di tingkat regional dan global.

Gambar 11. Roadmap penelitian Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan

Gambar 12 Roadmap Penelitian Fakultas Syariah Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan Periode 2024-2026

Implementasi roadmap ini terbukti meningkatkan produktivitas penelitian, di mana selama periode 2020–2023 tercatat 24 penelitian dosen telah dipublikasikan yang mencakup:

  • 1 artikel di jurnal internasional bereputasi,
  • 2 artikel di jurnal internasional,
  • 12 artikel di jurnal nasional terakreditasi,
  • 4 artikel di jurnal nasional tidak terakreditasi, dan
  • 5 artikel dalam forum seminar lokal dan nasional.

Selain itu, penelitian yang dilakukan melibatkan mahasiswa secara aktif, baik sebagai asisten peneliti maupun kolaborator. Bukti keterlibatan mahasiswa tercantum dalam laporan penelitian dan tautan publikasi bersama dosen.

Hasil dan Kontribusi Penelitian terhadap Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, dan Praktik Profesional

Hasil penelitian dosen Prodi Ekonomi Syariah telah memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik profesional di bidang ekonomi syariah melalui:

  • Pengayaan bahan ajar dan kurikulum melalui integrasi hasil penelitian ke dalam mata kuliah ekonomi Islam, keuangan syariah, dan manajemen zakat-wakaf.
  • Kontribusi ilmiah berupa publikasi artikel, buku ajar, dan prosiding yang menjadi referensi akademik serta sumber sitasi ilmiah bagi peneliti lain.
  • Pemecahan masalah sosial-ekonomi umat, seperti optimalisasi zakat produktif, digitalisasi keuangan syariah, pemberdayaan UMKM berbasis syariah, dan penguatan ekonomi pesantren.
  • Peningkatan kesejahteraan masyarakat, sejalan dengan misi universitas untuk berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Islam yang inklusif dan berkeadilan.

Penelitian yang dilakukan tidak hanya berdampak pada ranah akademik, tetapi juga mendorong praktik profesional di lembaga keuangan syariah, industri halal, dan institusi sosial-ekonomi keislaman melalui hasil kajian dan rekomendasi kebijakan yang aplikatif.

Keterlibatan dan Kolaborasi Penelitian (Rekognisi)

Prodi Ekonomi Syariah telah menjalin kerja sama penelitian dengan berbagai pihak, baik di tingkat lokal maupun nasional, antara lain dengan lembaga pemerintah, lembaga keuangan syariah, dan organisasi masyarakat Islam. Kolaborasi ini mendukung peningkatan mutu riset serta menjadi sarana rekognisi keilmuan bagi dosen dan mahasiswa.
Hibah penelitian juga bersumber dari berbagai skema, seperti:

  • Pendanaan internal universitas dan fakultas,
  • Hibah penelitian dari Kementerian Agama RI dan LPPM UII Dalwa,
  • CSR lembaga mitra, dan
  • Dana mandiri dosen.

Selama tiga tahun terakhir, total dana penelitian mencapai Rp 334.810.000, dengan rata-rata Rp 13.950.416 per dosen per tahun, yang menunjukkan dukungan institusional yang kuat terhadap kegiatan riset dosen. Kegiatan kolaboratif ini selaras dengan visi fakultas dan prodi untuk mengembangkan keilmuan ekonomi syariah yang unggul, Islami, dan kompetitif serta berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Evaluasi dan Integrasi Penelitian dalam Kinerja Dosen

Penelitian menjadi komponen utama dalam evaluasi kinerja dosen dan penilaian beban kerja (BKD). Setiap dosen tetap diwajibkan melakukan penelitian minimal satu kali per semester, dengan hasil yang dapat dipublikasikan dan disebarluaskan secara ilmiah. Evaluasi kinerja penelitian dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan LPPM melalui instrumen kuesioner kepuasan peneliti yang mencakup lima aspek utama, yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Adapun hasil survey terdapat pada link. Hasil evaluasi kemudian dianalisis untuk menentukan tingkat kepuasan peneliti terhadap layanan penelitian dan menjadi dasar bagi peningkatan mutu manajemen riset. Selain itu, hasil penelitian dosen secara langsung diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum, sehingga memperkuat relevansi akademik dan menumbuhkan budaya riset di lingkungan prodi.

Secara keseluruhan, kegiatan penelitian di Program Studi Ekonomi Syariah UII Dalwa menunjukkan bahwa seluruh proses — mulai dari perencanaan strategis, pelaksanaan, hasil, hingga evaluasi dan tindak lanjut — telah berjalan selaras dengan visi, misi, tujuan, dan strategi prodi serta universitas. Kegiatan penelitian tidak hanya berkontribusi terhadap pengembangan ilmu ekonomi Islam secara akademik, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi pendidikan, praktik profesional, dan masyarakat luas, sehingga mencerminkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang unggul, Islami, dan berkelanjutan.

No

Luaran Penelitian

Tahun (YYYY)

Keterangan

Sumber PembiayaanJenis Publikasi*
a) Perguruan tinggi
b) Mandiri
Lembaga dalam negeri (diluar PT)Lembaga luar negeriJurnal nasional tidak terakreditasiJurnal nasional terakreditasiJurnal internasionalJurnal internasional bereputasiSeminar wilayah/lokal/perguruan tinggiSeminar nasionalSeminar internasionalTulisan di media massa wilayahTulisan di media massa nasionalTulisan di media massa internasionalPagelaran/pameran/presentasi dalam forum di tingkat wilayahPagelaran/pameran/presentasi dalam forum di tingkat nasionalPagelaran/pameran/presentasi dalam forum di tingkat internasional
012345678910111213141516171819
1Transformasi Digital dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dan Smart Tourism untuk Keberlanjutan Ekowisata di Lumbang Kabupaten Probolinggo2025MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12 (1), 238-25512   1           
2Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB), Tantangan Pekerjaan, dan Karakteristik Individu terhadap Kinerja Pendidik PAUD di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo2025
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12 (1), 229-237
12   1           
3Entrepreneurship Santri di Era Digital: Menghasilkan Jutaan Rupiah dengan Modal Kuota Internet2025Buku12               
4Manajemen Risiko Bisnis: Strategi Cerdas Mengelola Risiko di Era Digital2025Buku12               
5Sea Fence and Public Policy Impact on the Welfare of Fishermen Families in Tangerang, Indonesia2025EL-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga 8 (1), 660-677 17    1         
6Outstanding Students on the Global Stage: The Role of Content-Based English Learning2025Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS) 3 (1), 75-8412  1            
7Integrating the “Curriculum of Love” into English Language Education2025Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam 4 (2), 99-11012   1           
8The I’rab Method of Habib Hasan Baharun: Impact on Arabic Grammar Instruction2025Al-Muhawaroh: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1 (1), 23-3512  1            
9Podcasts as an Innovative Solution for Teaching Arabic: Enhancing Speaking and Listening Skills2025Jurnal Studi Arab 15 (2), 87-10512   1           
10Man as Subject of Education: Islamic and Western Philosophical Review of Freedom and Responsibility2025Al-Munawwarah: Journal of Islamic Education 1 (1), 1-1312  1            
11Accelerating Kitab Reading Skills Through Dzauq and Strategic Vocabulary Acquisition2025Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 8 (1), 81-10212   1           
12Berbaris dan Menjawab”: Sebuah Aktifitas Menarik dalam Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab Bagi Santri2025Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7 (1), 33-4612   1           
13Enhancing Arabic Literacy in Islamic Boarding School: The Role and Pedagogical Implications of Interactive Whiteboard Technology2025Journal of Arabic Language Learning and Teaching 3 (2), 119-13412  1            
14Storytelling as a Pedagogical Tool in Arabic Language Teaching: Enhancing Speaking Skills2025Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 6 (2), 353-36912   1           
15The Psycholinguistic Effects of Blackboards and Colorful Chalk on Arabic Vocabulary Acquisition in Malaysian2025Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 8 (2)  75 1           
16Metodologi dan Statistik Dasar Penelitian2025Buku12               
17Model Bimbingan Konseling dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) di Pesantren2025Muthmainnah: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Psikosufistik 1 (1), 1-1012  1            
18Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Siswa di Sekolah2025Pelita: Jurnal Studi Islam Mahasiswa UII Dalwa 2 (2), 225-24112  1            
19Islamic Education Teachings of KH Muhammad Tahir (Imam Lapeo) to the Millennial Generation2025Al-Munawwarah: Journal of Islamic Education 1 (1), 23-3012  1            
20Islamic-Hindu Ecotheology in Maintaining the Sustainability of Nature in Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru (TNBTS)2025Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 4 (2), 146-164 20  1           
21Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Dakwah Interaktif di Ma’had Aly Ilmu Yaqin Makassar2025
Ilhami: Jurnal Ilmu dan Dakwah Multidisiplin 1 (01), 9-17
12  1            
22ISLAMISASI DAN INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS2025Cognitive: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3 (3), 15-2612  1            
23The Integration of Rationality and Spirituality: Imam Al-Ghazali’s Experience through Ta’lim Rabbani Approach in Acquiring Knowledge2025Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 21 (1), 65-8312   1           
24The Importance of Balancing the Knowledge of Fardhu’Ain and Fardhu Kifayah According to Imam Al-Ghazali2025
Al-Munawwarah: Journal of Islamic Education 1 (1), 31-38
12  1            
25Kesehatan Mental dan Kesejahteraan Siswa2025Buku12               
26Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Bahasa Arab2025Buku12               
27Bahasa Arab : Kajian Historis Diakronis2025Buku12               
28Refleksi teoritis dan Praktis dalam Pendidikan Bahasa arab : Kompilasi Tulisan Tematik dalam Konteks Pendidikan dan Pengajaran2025Buku12               
29Phonological and Grammatical Errors in Arabic Speaking Skills: Insights from Female Banjar Learners of Islamic Boarding School2025Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya12   1           
30Hayya Nata’allam Al-Arabiyyah Al-Asasiyyah2025Buku12               
31Sinergi Kepemimpinan Transformatif dan Etos Kerja Guru sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa: Bukti Empirik pada Pendidikan Madrasah2025Jurnal Multidisiplin Ibrahimy 3 (1), 63-8212  1            
32Enhancing Student Achievement in Islamic Education: The Synergy of Teacher Recruitment, Selection, and Professional Development2024
Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 9 (2), 199-214
12   1           
33Al-Ansyhiṭah al-Lugawiyyah fī Ḍaui al-Ma’āyir al-Khamsah ACTFL ladā al-Thalabah bi Ma‘had Darrullughah Wadda‘wah wa Ma‘had Sidogiri2024al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 10 (1), 16-3212    1          
34Taḥlīlu Al-Akhtā’i Al-Kalāmiyyah Ladā Muʿallimī Al-Lughah Al-ʿArabiyyah fī Al-Marḥalah Al-Ibtidā’iyyah wa Al-Mutāwasitah bi Madīnah Madiun Jāwā Asy-Syarqiyyah2024An Nazhair: Journal of Arabic Education 1 (2), 125-14312  1            
35PEMIKIRAN WASATIYAH DALAM KITAB AL-IQTISHAD FI AL-I’TIQAD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBAHARUAN STUDI ILMU KALAM2024Jurnal Pendidikan: Kajian dan Implementasi 6 (3)12   1           
36Metode Imam Al-Ghazali dalam Studi Ilmu Akidah: Pendekatan Rasional dan Spiritual2024iWorldview 1 (Agustus 2024), 1-712  1            
37University: The Concept of Ready Students2024International Conference on Education, Society, and Management 202412        1      
38Self-Reflection for English Teachers’ Pedagogical Development2024EDUCAFL: Journal on Education of English as Foreign Language 7 (2), 127-13712   1           
39Membangun Generasi Z Humanis: Pendekatan Internalisasi Nilai Agama dalam Keterampilan Digital2024Kartika: Jurnal Studi Keislaman 4 (1), 41-6512  1            
40Strengthening Prophetic Character Through Entrepreneurship Education2024International Journal of Technology and Education Research 2 (01), 71-8312    1          
41Pedagogical Insights from Al-Mawahib Al-Rabbaniyah: Enhancing Arabic Grammar Learning through the Nazm of Al-Ajrumiyyah2024Lisanuna
Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya
Volume 14. No. 2 (2024)
12   1           
42The Effectiveness of Using the Kitab Muhawarah in Enhancing Arabic Speaking Proficiency in Malaysia2024AN NABIGHOH
Vol. 26, No. 2 (2024): 251-268
12   1           
43Interactive Debate Strategies for Enhancing Arabic Speaking2024El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol. V No. 2 Tahun202412   1           
44Arabic Public Speaking in Malaysia: Enhancing Vocabulary and Confidence through Psycholinguistics2024International Journal of Arabic Language Teaching (IJALT) Vol. 6 No. 02 (2024)12    1          
45Language Interference in Arabic Learning: A Case Study of Islamic Boarding Schools in Indonesia2024Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya12   1           
46Pengantar Bisnis: Membangun Jiwa Entrepreneurship yang Tahan Banting2024Buku12               
47Kamus Istilah Pendidikan Indonesia-Arab2024Buku12               
48Intuition According to Imam al-Ghazali and It’s Role as Methods of Acquiring Knowledge2024Jurnal KALAM Vol. 18 No. 1 (2024)12   1           
49Tradisi Ziarah Makam Keramat Habib Abdullah bin Ali Al-Haddad Sangeng Bangil: Tinjauan Sejarah Kebudayaan2024Jurnal Pelita / Vol. 1 No. 2 (2024)12  1            
50Pemikiran Wasatiyah IMAM AL-GHAZALI2024Buku12               
51Sejarah dan Peran Habib Mundzir Al-Musawa dalam Dakwah Islam di Papua2024Jurnal Afkaruna Vol. 1 No. 2 (2024)12  1            
52Examining the Provision of Legal and Religious Education to Islamic Families to Safeguard the Rights and Well-Being of Women and Children: A Case Study Conducted in Malang2024Jurnal Samarah Vol. 8 No. 3 (2024) 20    1         
53Aktualisasi Konsep Nilai di Pesantren Alawiyin (Kajian Fenomenologi Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan)2024Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman 7 (2), 350-36612  1            
54I’dādu Mawād ‘Ilm al-Dilālah al-Mustamidah min al-Ayāt al-Qur’āniyyah fiy Manżūr al-Madkhol al-Istiqrōiy2024PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu dan Hikmah 9 (1), 1-2012   1           
55Pendekatan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam2024AIJIS: Afkaruna International Journal of Islamic studies Vol. 1 No. 2 (2024)12  1            
56Relasi Agama dan Negara: Harta dan Kepemilikan dalam Perspektif Islam2024Jurnal Pelita Vol. 1 No. 2 (2024)12  1            
57Islamic Financial Accounting in the Limits of Zakat Percentage on Gold, Silver, Currency and Securities Jewelry2024International Conference on Education, Society, and Management 202412        1      
58Innovative Approaches to Teaching Arabic: Bridging Philosophical and Islamic Cultural Insights from the Muslim Nusantara Worldview2024Prosiding Internasional Konferensi Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab Vol. 4 No. 1 (2024)12        1      
59Pendidikan inklusif di Indonesia: Peluang dan tantangan2024
Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS) 2 (1), 24-33
12  1            
60Harmony of Islamic Education with Halal Ecotourism Insight and Local Cultural Wisdom2024International Conference on Education, Society, and Management 202412        1      
61Digital Public Space And The Face Of Indonesian Political Education2023Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 6 (01), 14-2412   1           
62The Problems of the Global Educational Environment and Their Solutions from the Perspective of Islamic Education2023Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 3 (1), 139-15212   1           
63Analisis Produk Hasil Kelola dan Pemanfaatan Sisa Nasi Oleh Tim Baqiyaturruz di Ponpes Darullughah Wadda’wah2023Dalwa Islamic Economic Studies: Jurnal Ekonomi Syariah 2 (1), 51-6112  1            
64ISLAMIC LEGAL ANALYSIS OF QARDHUL HASAN AGREEMENT IN BITUL MAL WA TAMWIL INTEGRATED JOINT BUSINESS SIDOGIRI BRANCH BAWEAN2023al-Rasῑkh: Jurnal Hukum Islam 12 (2), 167-17712   1           
65Konsep Pendidik dalam Pandangan Imam al-Ghazali2023Adabuna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 2 (2), 77-8611  1            
66Penerapan Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas dan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Al Injaz Kandangan2023MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10 (1), 518-53012   1           
67Hubungan antara Strata Ekonomi Orang Tua dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlaq Sosial Siswa Kelas XI PM SMK PGRI2023MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10 (1), 496-51712   1           
68Peran Kecakapan Berbahasa Arab Sebagai Penguat Literasi Keilmuan Islam di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan2023Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12 (02)12   1           
69Manajemen Kelas Berbasis Pemisahan Gender dan Relasinya dengan Prestasi Siswa: Studi Kasus di MTs Darullughah Wadda’wah2023Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 7 (2), 234-252, 202312   1           
70Manajemen Kurikulum Terpadu dalam Membentuk Insan Kamil: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Ma’ruf, Kediri 2023Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan 14 (1), 55-68, 202312   1           
71Ta’zir (Punishment) at Islamic Boarding Schools; Between Tradition, Conception, and Shadows of Human Rights Violations 2023Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 34 (2), 267-280, 202312   1           
72Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air 2023Pelita: Jurnal Studi Islam Mahasiswa UII Dalwa 1 (1), 45-55, 202312  1            
73THE DYNAMICS OF PUNISHMENT IN THE CONTEXT OF ISLAMIC HIGHER EDUCATION 2023Nasir: Jurnal Pendidikan Islam 1 (2), 49-57, 202312  1            
74Manusia dan Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam2023Pelita: Jurnal Studi Islam Mahasiswa UII Dalwa 1 (1), 56-7112  1            
75Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik di Sekolah Islam2023Dalwa Islamic Economic Studies 2 (2), 119-13612  1            
76إستراتجيات تعليم مهارة الكلام لدى مشاركات المسابقة العربية وعواملها المؤثرة في معهد دار اللغة والدعوة للبنات2023LAHJATUNA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 03 No. 01 (2023)12  1            
77Tradisi Kirab Hadeging Perdikan dan Dampaknya Terhadap Masyarakat Desa Tawangsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur2023Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS) 1 (1), 1-14, 202312  1            
78A Humanistic Overview: Implementation Of Independent Learning For Arabic At Islamic Universities2023Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 6 (3)12   1           
79PERSPEKTIF MADZHAB IMAM SYAFI’I RA TERHADAP KADAR HARTA YANG DITERIMA SUAMI DALAM KHULU’2023Al-Rasῑkh: Jurnal Hukum Islam 12 (1), 1-22, 202312  1            
80Ta’tsῑru fahmi al nusūs al maqrū’ah bithorῑqoti al tahdhῑru fῑ tarqiyyati mahāroh al qirō’ah ladā al thullābu al jālisῑna fῑ al soffi al tsālitsi al ‘āli bima’had dāru2023Lughawiyat : Volume 6 Nomor 1 Tahun 202312   1           
81Artificial Learning Environment and Learning Independence in Arabic Learning: Mediating Effect of Learning Creativity2023Eurasian Journal of Educational Research 104 (2023) 283-302  75   1         
82Menyama Braya: Balinese Hindu-Muslim Ethnoreligious construction in the creation of peace education2023Cogent Arts & Humanities 10 (1), 2237289 20    1         
83Supporting Pesantren-based Higher Education to Internalize Value Education2023Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 6 (2), 207-222, 202312   1           
84Analisis Sertifikasi Halal dalam Meningkatkan Penjualan pada Usaha Haysanadi Catering Service2023Dalwa Islamic Economic Studies 2 (2), 108-118, 202312  1            
85IMPLEMENTATION OF ENGLISH LEARNING AT DALWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN THE 5.0 ERA FOR GENERATION Z 2023Jurnal Pendidikan Islam 13 (1), 93-109, 202312  1            
86Determinan Minat Beli Produk Makanan Kemasan Halal dalam Perspektif Milenial2023Afkaruna: Vol. 1 No. 1, September 202312  1            
87MENUJU KELUARGA SAKINAH DENGAN BERSIWAK2023Jurnal Al Rasikh. Vol: 12, No: 02, 202312  1            
88أسلوب كتابة الأعمال اليومية لمهارة الكتابة لطلاب الفصل الثاني الثانوي في معهد نجوم الهدى لومبوك2023LAHJATUNA : Jurnal Pendidikan Bahasa ArabVol. 2 No. 2(2023)12   1           
89تحديات لسانية العربية ومجابهتها بين اللغات العالمية2023LAHJATUNA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 2(2023)12   1           
90Decolonialization of Contemporary Science According to Professor Syed M. Naquib al-Attas as the Aufklarung Movement in Islam2023Adabuna: Vol. 3 No. 1 (2023)12  1            
91The Concept of Nature According to Syed M Naquib Al-Attās: The Perspective of New Kalam2023Potret Pemikiran Vol 27, No 1 (2023)12   1           
92Prinsip Dasar dan Batasan-Batasan dalam Aktivitas Ekonomi Islam2022DIES: Dalwa Islamic Economic Studies: Jurnal Ekonomi Syariah 1 (2), 120-13312  1            
93Persepsi Pedagang Terhadap Produk Pembiayaan Usaha Bank Syariah di Pasar Bulak Banteng Surabaya2022Dalwa Islamic Economic Studies: Jurnal Ekonomi Syariah 1 (1), 15-2812  1            
94Upaya Pembinaan Keimanan Siswa di MI Mujahidin Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto2022Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 2 (1), 1-2112  1            
95Mahabbah Kepada Allah SWT dan Para Makhluk-Nya2022Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 1 (2), 180-19512  1            
96TRADISI FALSAFAH DALAM ISLAM (Tokoh dan Pemikirannya)2022Batuthah: Jurnal Sejarah Padaban Islam 1 (1), 58-6512   1           
97Sistem Ekonomi dan Fiskal Pada Masa Khulafaurrasyidin2022DIES: Dalwa Islamic Economic StudiesVol. 1No. 1, Juni 202212  1            
98Pembiayaan Berbasis Syariah pada Perusahaan Tanah Kavling CV. Anugrah Abadi Malang2022Dalwa Islamic Economic Studies 1 (1), 56-66, 202212  1            
99Sejarah Kesultanan Cirebon dan Problematikanya Tahun 1677-1752 2022Batuthah: Jurnal Sejarah Padaban Islam 1 (1), 21-39, 202212   1           
100Sejarah Pesantren dan Tradisi Keilmuannya di Jawa 2022Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 1 (2), 116-129, 202212   1           
101‘Alāqoh Hifdzi Nadzmi Tarjamati Al-Jurūmiyyah Bimahāroh Al-Qirōah 2022Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 5 (1), 35-51, 202212   1           
102Experiencing Pluralism Dalam Interkasi Peserta Kursus Di Kampung Inggris, Pare, Kediri2022(Jurnal Pendidikan Islam 12 (2), 30-38, 2022)12   1           
103العلاقة بين إتقان مفردات اللغة العربية ومهارة الكتابة لدى طلاب المدرسة الثانوية 1 كتافنج2022LAHJATUNA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 01No. 02(2022)12   1           
104PESANTREN EKOLOGI, KETAHANAN PANGAN, DAN ENERGI: Studi Pada Pondok Pesantren Riyadul Jannah, Pacet, Mojoketo 2022Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 1-13, 202212   1           
105QUDWATUNAAS A MODEL OF LEADERSHIP DEVELOPMENT IN DARULLUGHAH WADDA’WAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL2022Neuro Quantology 20 (10), 7097, 2022 17    1         
106Integrasi Imtak dan Iptek: Landasan dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya dalam Pendidikan Islam2022Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 149-16612   1           
107Manajemen Pendidikan Dasar Islam: Konsep Dasar dan Landasan Pengelolaan2022Nidhomiyyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2), 150-16212   1           
108Liberalisasi Penjaringan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri: Tantangan dan Peluang2022Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 188-20712   1           
109Pendekatan-Pendekatan dalam Ilmu Manajemen dan Implikasinya pada Perkembangan Ilmu Manajemen Pendidikan Islam2022NIDHOMIYYAH : Jurnal Manajemen Pendidikan IslamVol. 03No. 01(2022) : 74-9612   1           
110Islam dan Filsafat Ilmu 2022Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 1 (2), 128-138, 202212  1            
111فعالية حفظ النصوص العربية في تنمية مهارة الكلام لدى الطلاب في المستوى الثانوي بمعهد رياض الصالحين فرابالينكا 2022LAHJATUNA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 01No. 02(2022)12   1           
112Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dan Implikasinya Di Era 4.0,2022Jurnal Pendidikan Islam 12 (2), 18-2912   1           
113The Strategy of Islamic Religious Teachers in Learning To Read The Students’ Book with The Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri Method2022Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1342-1353 17    1         
114Empowerment of Senior Santri in Shaping Emotion Releasing Climate at Darullughah Wadda’wah Islamic Boarding School Bangil Pasuruan 2022Ijocore: Indonesian Journal of Community Research & Engagement 1 (01), 36-41, 202212  1            
115Komunikasi Profetik Perspektif Islam Terhadap Ujaran Kebencian di Media Sosial 2022Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 1 (2), 163-179, 202212   1           
116Model Business to Costumer (B2C) E-Commerce PT Indo Fira Global dalam Perspektif Ekonomi Syariah 2022Dalwa Islamic Economic Studies 1 (1), 1-14, 202212  1            
117Strategi Digital Marketing Dalam Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Bringin, Kabupaten Tuban2022Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 6 (2), 168-17512   1           
118AL RAZ MUSLIM FASHION PRODUCTION MANAGEMENT STRATEGY IN FACING BUSINESS CHALLENGES DURING THE COVID 19 PANDEMIC ISLAMIC ECONOMIC PERSPECTIVE2022Wasilatuna Vol. 5 No. 1 (2022)12   1           
119The Problems of International Civil Law of Indonesia in Protecting Transnational E-Commerce Consumers2022Vol. 10 No. 3: December 2022 : Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  70   1         
120Strategi Baznas Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Zakat, Infaq, dan Shodaqoh2022Jurnal DIES: Dalwa Islamic Economic StudiesVol. 1No. 2, Desember202212  1            
121Santri dan Tantangan Teknologi Kecerdasan Buatan2025opini https://inpasonline.com/           1    
122Gambaran Pemimpin Baru Indonesia2024Artikel https://hidayatullah.com/           1    
123Masalah Gaza Mendominasi Sidang Persatuan Ulama Internasional di Doha2024Artikel https://hidayatullah.com/           1    
124Hakikat Puasa dan ‘Madrasah’ Fikiran2024Artikel https://hidayatullah.com/           1    
125Islam Tak Kekurangan Figur Pemimpin Hebat2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
126Ulama Sufi dan Islam Nusantara2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
127Pemikiran Prof. Dr Al-Attas Diperlukan Umat Islam Zaman ini2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
128Fikih Tahawulat dan Tantangan Memahami Modernisme2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
129Adab, Ma’rifah, dan Keselamatan Akidah2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
130“Tafsir” Pancasila dan Rekonsiliasi Nasional2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
131Politik Beragama2023Artikel https://hidayatullah.com/           1    
132Semarak Ramadan, Ustaz Kholili Bagikan Tips Raih Lailatul Qadar2023Berita Unair          1     
Rekapitulasi Jenis Publikasi**
NoJenis PublikasiJumlah
1Jurnal nasional tidak terakreditasi44
2Jurnal nasional terakreditasi51
3Jurnal internasional3
4Jurnal internasional bereputasi7
5Seminar wilayah/lokal/perguruan tinggi0
6Seminar nasional0
7Seminar internasional4
8Tulisan di media massa wilayah1
9Tulisan di media massa nasional11
10Tulisan di media massa internasional0
11Pagelaran/pameran/presentasi dalam forum di tingkat wilayah0
12Pagelaran/pameran/presentasi dalam forum di tingkat nasional0
13Pagelaran/pameran/presentasi dalam forum di tingkat internasional0